Pages

Thursday, June 6, 2013

Peringati Isra’ Mi’raj, PKPT IPNU IPPNU Unej ikuti Pelatihan Shalat Bagus


Kamis (06-06-2013) tepat pada peringatan hari isra’ mi’raj Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, rekan-rekanita PKPT IPNU IPPNU Universitas Jember mengikuti “Pendidikan Pelatihan Shalat Bagus” yang di adakan oleh yayasan masjid baitul amin jember, dengan pemateri dari team pelatihan shalat bagus PCNU Kabupaten Jember, yakni Ust. Muhammad Idrus Ramli dan Ust. Ma’mul, pelatihan ini yang bersifat umum bagi warga jember ini di ikuti oleh tak kurang dari 100-an jama’ah baik dari kalangan intern yayasan maupun warga jember sendiri.
Acara di awali dengan pembukaan oleh pembawa acara dengan pembacaan suratil fatihah, lalu dilanjutkan dengan tartil al qur’an yang di bawakan oleh Ust. Ahmad Syaifuddin Zuhri, pada saat pembacaan ayat-ayat suci al qur’an suasana begitu tenang, para jama’ah khusyuk mendengarkan lantunan ayat-ayat suci  al qur’an yang begitu indah. Setelah tartil selesai, acara di lanjutkan dengan sambutan dari ketua yayasan baitul amin, KH. Misrawi, MM. Dalam sambutannya Kyai Misrawi mengingatkan betapa pentingnya mempelajari ilmu agama yang hukumnya wajib (fardhu ain) bagi setiap muslim, selain itu beliau juga mengingatkan para orang tua agar mencukupi kebutuhan anak-anaknya akan ilmu agama.
Setelah sambutan selesai, acara langsung masuk pada sesi inti yakni pemberian materi, dimana dalam pelatihan ini di bagi menjadi 6 materi, yakni perihal harlah shalat, tatacara thaharah, tatacara shalat, tatacara shalat berjama’ah, tatacara shalat musafir & hajatan, dan terakhir kiat-kiat shalat khusyu’. Pemberi materi dalam harlah shalat, tatacara shalat, dan tatacara shalat musafir & hajatan adalah Ust. Idrus, sementara Ust. Ma’mul menjelaskan tentang tatacara shalat berjama’ah, dan untuk thaharah secara bergantian di beri penjelasan oleh keduanya.
Para jama’ah antusias mendengarkan materi yang di berikan oleh pemateri, dan ketika telah selesai materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab pada tiap-tiap materi, banyak sekali pertanyaan yang di ajukan oleh para peserta baik dari kalangan yang muda maupun yang tua, mulai dari urusan yang sederhana hingga kompleks mampu di jawab oleh keduanya dengan memuaskan, dengan di selingi humor agar suasana tidak terlalu kaku, membuat para peserta betah mengikuti jalannya pelatihan yang di mulai pukul 09.30 WIB ini hingga selesai pada pukul 14.30 WIB. Sedangkan untuk kiat-kiat shalat khusyu’ karena waktu yang di tetapkan telah habis, Ust. Idrus memberi kiat singkat bahwa nantinya kalau shalat kita telah bagus dan telah sesuai, maka khusyu’ dalam shalat akan bisa kita capai, selain itu dengan mengikuti pendidikan pelatihan shalat bagus ini di harapkan nantinya akan meningkatkan kwalitas shalat kita, sehingga shalat kita bisa menjadi shalat yang mencegah dari perbuatan keji dan munkar.
Di harapkan nantinya para peserta yang telah mengikuti pendidikan pelatihan shalat bagus dan telah menerima sertifikat ini, mampu menjadi ujung tombak dalam meluruskan tata cara shalat yang bagus sesuai dengan ajaran Ahlus sunnah wal jama’ah yang di ambil dari nabi, karena saat ini banyak sekali ragam gerakan shalat yang kurang sesuai dengan apa yang telah di tuliskan dan dicontohkan oleh para ulama’ terdahulu yang bersumber pada Nabi.
Hal ini merupakan tugas bagi generasi muda NU di seluruh dunia dan PKPT IPNU IPPNU Universitas Jember khususnya untuk memberikan penjelasan pada saudara-saudara Nahdliyyin lain yang kurang pemahamannya akan ahlus sunnah wal jama’ah an nahdliyyah, dan sekaligus mempertahankan ajaran-ajaran Ahlus sunnah wal jama’ah yang saat ini tengah di serbu habis-habisan oleh golongan neo-khawarij dengan berbagai bentuknya.


  By : Rekan Furqon

No comments:

Post a Comment